Menkeu Resmikan RSUD Konawe

By Admin

nusakini.com--Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meresmikan RSUD Konawe dalam rangkaian kunjungannya di Kabupaten Konawe, Propinsi Sulawesi Tenggara hari ini, Rabu (29/08). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Menkeu dengan didampingi Direktur PT SMI Emma Sri Martini, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Teguh Setyabudi, dan Pj Bupati Konawe H. Tasman Taewa. 

Pada kesempatan ini, Menkeu memberikan apresiasi atas pembangunan RSUD ini yang merupakan hasil kerjasama pemerintah daerah dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) melalui skema pembiayaan daerah sebesar Rp231,9 miliar.  

"Hari ini meresmikan RSUD yang dibangun atas inisiatif bupati konawe sebelumnya dengan menggunakan dana yang berasal dari kerjasama antara pemerintah dan badan usaha, jadi ini adalah dana yg berasal dari PT SMI sebesar Rp231 M, untuk membangun kembali rumah sakit yang dulu pertama kali dibangun pada jaman presiden Soeharto pada tahun 1988," terang Menkeu. 

Menkeu mengungkapkan, bahwa modernisasi seluruh fasilitas dan pelayaan rumah sakit ini merupakan kerjasama yang baik yang ia harap dapat meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat di kabupaten konawe dan sekitarnya. 

Menkeu juga berharap kerjasama ini dapat meningkatkan kinerja rumah sakit ini semakin baik lagi. Adapun hasil penerimaan dari rumah sakit ini nantinya dapat dimanfaatkan untuk memberikan dampak langsung kepada masyarakat. "Saya harap penerimaan ini dapat diinvestasikan kembali untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya. 

Pembangunan infrastruktur sosial pada kerjasama ini mencakup pembangunan gedung layanan kesehatan dan rawat inap serta pengadaan alat-alat kesehatan. Direktur PT SMI Emma Sri Martini melalui keterangannya mengatakan pembangunan RSUD Konawe telah mengikuti standarisasi WHO dengan menyediakan sebanyak 204 tempat tidur sehingga diharapkan, pembangunan ini dapat memberikan manfaat dan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Konawe dan sekitarnya. 

Terbangunnya RSUD konawe memungkinkan lebih dari 450 ribu masyarakat mendapatkan layanan layanan kesehatan yang memadai. Hal ini mengingat rumah sakit ini menjadi Rumah Sakit Rujukan Regional yang melayani 4 (empat) kabupaten yaitu kabupaten Konawe, Kabupaten Kolaka Timur, Kabuoaten Konawe Selatan, dan Kabupaten Konawe Utara. (p/ab)